OLEH :
NAEMAN HUTABARAT
NIM. 071211920058
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Menurut UU RI NO 20
Tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional (SISDIKNAS) siswa adalah anggota
masyarakat yang berusaha mengembang kan potensi melalui proses pembelajaran
yang tersedia pada jalur dan jenjang dan jenis pendidikan tertentu sesuai
dengan tingkat perkembangan anak. Sekolah merupakan tempat yang akan dipilih
untuk mendapatkan pendidikan formal disamping pendidikan non formal diluar
kawasan sekolah. Pendidikan dasar memegang peranan penting dalam usaha
meningkatkan kualitas sumber daya manusia di masa yang akan datang. Oleh sebab
itu, maka mutu pendidikan disekolah dasar harus mendapat perhatian yang serius.
Khususnya
pada pelajaran matemetika yang selama ini dianggap sulit. Padahal matematika
merupakan ilmu universal yang mendasari
perkembangan tehnologi modern,
dan matematika juga mempunyai peranan penting dalam berbagai ilmu dan
mengembangkan daya fikir manusia. Hal ini menunjukkan bahwa matematika
merupakan salah satu pelajaran penting yang harus di pelajari dan diketehui siswa.
Berkaitan dengan
matematika Cockrof dalam mulyono Abdurrahman (1999) menyatakan matematika perlu
diajarkan kepada siswa karena: Selalu digunakan dalam segala segi kehidupan, semua
bidang studi memerlukan keterampilan matematika yang sesuai, merupakan sarana
komunikasi yang kuat, singkat dan jelas, dapat digunakan untuk menyajikan
informasi dalam berbagai cara, meningkatkan kemampuan berfikir logis ketelitian
dan kesadaran dan, memberikan kepuasan terhadap usaha memecahkan masalah yang
menantang.
Selanjutnya Harry
wijaya (2009:32) menyatakan bahwa “matematika adalah dasar yang mendasari dan
melayani berbagai ilmu pengetahuan lainnya”. Namun pada kenyataannya dilapangan
masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, hal ini
disebabkan karena siswa tidak tahu akan pentingnya pelajaran matematika bagi kehidupan di masa yang akan
datang. Sehingga siswa kurang berminat akan pelajaran matematika dan selalu
menganggap matematika sukar, sebagaimana yang diungkapkan oleh Mulyono
Abdurraham (1999) yang menyatakan bahwa “dari beberapa bidang studi yang
diajarkan di sekolah, matematika merupakan bidang studi yang dianggap paling
sulit”.
Dari uraian diatas
terlihat bahwa matematika sulit bagi sebagian siswa dan adanya keterpaksaan
bagi siswa untuk mempelajari matematika bukan karena minat atau keinginan untuk
lebih mendalami matematika. Hal ini menuntut kita untuk tetap belajar
matematika dan tetap berusaha meningkatkan kualitas pendidikan matematika untuk
mencerdaskan kehidupan bangsa ini dengan berbagai usaha.
Namun
pada kenyataannya, pendidikan matematika masih sangat memprihatinkan dilihat
dari rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa. Hal ini diketahui bahwa dari
nilai matematika siswa belum mencapai nilai kriteria kemampuan minimal
yang telah ditargetkan sekolah. Hal ini sesuai dengan pendapat Soedjadi ( 1999
) bahwa “ sampai pada saat ini dan entah
sampai kapan prestasi belajar matematika dijenjang pendidikan dasar, menengah,
dan pendidikan tinggi masih rendah dan bahkan sangat rendah”. Rendahnya hasil
belajar matematika siswa tersebut dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan
dan keterampilan dasar yang ditanamkan sejak pendidikan dasar. Oleh sebab itu
guru harus mampu merancang bagaimana cara guru untuk membelajarkan siswa,
dengan menggunakan metode pembelajaran dalam proses pembelajaran agar siswa
dapat memahami materi yang akan diajarkan oleh guru.
Penggunaan
metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan karena
dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru bagi siswa. Metode
pembelajaran juga dapat dimamfaatkan
untuk mengatasi pembelajaran yang bersifat verbalisme atau dengan kata-kata,
sehingga dengan adanya metode pembelajaran dapat membantu guru untuk
meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Metode
pembelajaran juga dapat membentuk siswa dalam memahami materi yang akan
disampaikan guru. Materi yang disampaikan tentunuya tidak langsung dapat
dipahami oleh siswa hanya dengan penjelasan kata-kata, khususnya pada pelajaran
matematika, namun melalui metode pembelajaran materi yang disajikan akan lebih
bermakna dan berkesan bagi siswa.
Namun
pada kenyataannya, sering kita jumpai di sekolah masih jarang guru menggunakan
metode bermain dalam proses belajar mengajar, sehingga materi yang disampaikan
guru tidak dimengerti siswa. hal ini dapat diakibatkan kurangnya kreativitas
guru dalam membuat metode pembelajaran dan melaksanakan metode disekolah sangat
minim. Padahal guru tersebut menyadari bahwa dengan metode pembelajaran akan
sangat membantu dalam proses pembelajaran.
Oleh
karena itu, metode pembelajaran merupakan sarana yang dapat merangsang siswa
agar lebih senang dan tertarik belajar matematika dan untuk membantu
pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga pengajaran dapat berhasil dengan
baik.
Bangun
datar adalah bagian geometri yang merupakan salah satu cabang dari ilmu
matematika, dimana bangun datar tersebut dipelajari ditingkat SD dan SMP. Salah
satu materi yang terdapat pada kurikulum di Sekolah dasar yaitu sifat-sifat
bangun datar. Untuk menjelaskan materi tersebut hendaknya guru menggunakan
metode bermain sehingga siswa dapat
lebih mudah memahami konsep-konsep materi tersebut. Tetapi siswa SD umumnya
mengalami kesulitan dalam mempelajarinya dan dalam menyelesaikan soal-soal
geometri tersebut. Hal ini didukung oleh salah satu guru kelas V SD Negeri No
065011 Medan Selayang bahwa “anak-anak banyak tidak mengerti dalam memahami
geometri misalnya, segitiga, persegi panjang, persegi, lingkaran, dan anak-anak
sukar memahami sifat-sifat bangun datar tersebut.
Sesuai
dengan hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru kelas V bahwa hasil
belajar siswa belum mencapai tujuan yang diharapkan yaitu 65-90. Dari 36 orang
siswa kelas 5 ada sekitar 29 orang yang belum mencapai nilai ketuntasan. Dan
yang mencapai nilai ketuntasan hanya 7 orang. Ini disebabkan karena
pembelajaran yang dilakukan guru monoton ceramah saja tanpa menggunakan metode pembelajaran
lainnya, sehingga siswa merasa jenuh dan membosankan.
Berdasarkan
pendapat diatas menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode
bermain pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar akan mendatangkan hasil
belajar yang baik.
Dari
keseluruhan uraian diatas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul:”Meningkatkan hasil belajar
siswa pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan metode
bermain di kelas V SD Negeri No. 065011 Medan Selayang.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang sudah diuraikan, dapat diidentifikasi beberapa
masalah antara lain :
1.
Hasil belajar matematika siswa pada
pokok bahasan sifat-sifat bangun datar masih sangat rendah.
2.
Guru
masih jarang menggunakan metode bermain dalam pembelajaran matematika.
3.
Siswa masih mengalami kesulitan dalam
memahami materi sifat-sifat bangun datar.
1.3 Pembatasan Masalah
Berdasarkan
identifikasi masalah yang dikemukakan di atas maka peneliti membatasi masalah
dalam penelitian ini yaitu mengenai ” Meningkatkan hasil Belajar Siswa pada
Pokok Bahasan Sifat-sifat Bangun Datar dengan Menggunakan metode bermain di kelas V SD Negeri No. 065011 Medan
Selayang.
1.4 Perumusan Masalah
Dari
pembatasan masalah diatas, maka masalah
dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan metode bermain dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar di
kelas V SD Negeri No. 065011 Medan Selayang? “
1.5 Tujuan Penelitian
Penelitian
ini bertujuan untuk:
Meningkatkan
hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bermain pada pokok bahasan
sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri No. 065011 Medan Selayang.
1.6 Mamfaat Penelitian
Mamfaat
penelitian yang diharapkan nantinya dari hasil penelitian ini adalah :
1. Bagi
siswa untuk mamahami bagaimana belajar dengan menggunakan metode bermain.
2. Sebagai
bahan masukan bagi guru-guru tentang pentingnya penggunaan metode bermain dalam
pengajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
3. Sebagai
bahan masukan bagi sekolah untuk menggunakan metode bermain dalam pembelajaran.
4. Sebagai
bahan masukan bagi peneliti dalam menjalankan tugas sebagai guru pengajar
dimasa yang akan datang.
Dapat dijadikan bahan masukan untuk penelitian
sejenis
Buat teman-teman yang ingin mengetahui Bab-bab Selanjutnya silahkan isi kolom komentar dan lampirkan alamat e-mail agar saya bisa mengirim naskah lengkap..:)
Bolehkah saya melihat/ meminta bab kelanjutanx,,,,???
BalasHapussilahkan menuliskan alamat emailnya....:)
HapusSelamat Sore...
BalasHapusIzin Jalan-Jalan Di Blog Anda..
Jangan Lupa Jalan-jalan Juga DiBlog Saya..
langsung k tkp mas ipul...:)
Hapusemail: rindue-sayo0nkunyuk@yahoo.co.id
BalasHapusmhon share kelanjutan BAB laenx y,,,,??? (^_^)
sbagai bhan acuan bgi saya,,,
thanks be 4,,,
alamat emailnya tidak bisa dikirim
Hapussilahkan menuliskan alamat email dengan jelas dan yang aktif.
saya akan langsung mengirimkan naskah skripsi LENGKAP
trims..:)
emailx,,, : violeteqrinduedred.blue@facebook.com
HapusSy dpt tugas membuat proposal PTK. Tindakanya sama dengan ini. Sy jg boleh minta bab selanjutnya kah? kl boleh, ini almt e-mail sy april_lia34@yahoo.com
BalasHapusterima kasih sebelumnya
bagus nih buat refrensi. bab 1 nya aja udh banyak bgt gan.
BalasHapusini emailku: deztadelta@gmail.com trims
BalasHapusAt the end of the day, we almost felt as if our brains were about to explode, but in the sense that
BalasHapuswe got so much encouragement and advice, at some point some of us just wanted to drop everything and go create a startup to change the world.
If you are done with your schooling, you can get admitted for diploma or under
graduation in the course. Custom House Plans Design for a variety of clients at
Auto - CAD Drafting India has massive experience.
Also visit my web site; The Design Entrepreneur Free Download
ka boleh tdk saya minta juga bab selanjutnya.?????
BalasHapuska ini alamat email'ku reskyputrimuslimin@yahoo.co.id
BalasHapussudah dikirim ke emailnya, mb resky :)
Hapustrims
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusini alamat email saya
BalasHapuszahrotunnisa70@yahoo.com
terima kasih :)
ini alamat email aq delcaiiankmom@ymail.com
BalasHapusmakasiih :)
sudah dikirim ke emailnya, mas
Hapusmakasih :)
Lailatul.viroh@yahoo.com
BalasHapusmkch sblumx ....
sudah dikirim :)
Hapusdhanizzerd@gmail.com
BalasHapusmakasih ya mas,,
sudah dikirim ke emailnya mas dhani
Hapusterima kasih...:)
BalasHapuska ini alamat email saya ipahpratiwi@ymail.com
BalasHapussudah dikirim ke emailnya :)
Hapusterima kasih sebelumnya mas...
BalasHapusoh ya, ini alamat email saya...
adyelfiadi@yahoo.co.id
sudah dikirim ke emailnya, mas elfiadi :)
Hapusnunggu bab lanjutan
BalasHapusemail : eni_pujiatimustofa@yahoo.com
sudah dikirim ke emailnya mb eni :)
Hapusmana pak bab berikutnya? thanks before
BalasHapusikhapoerwa@yahoo.com
BalasHapuspenelitian ini menambah wawasan saya...
BalasHapusbisa dikirim dunk di email : erwidodoi@yahoo.com
saya tunggu n terima kasih banyak
sudah dikirim ke emailnya mas widodo :)
Hapusingin kelanjutan bab-babnya....
BalasHapustlg dkrimkn ke email sya : izza_blu3@yahoo.com
sudah dikirim ke emailnya.
Hapusterima kasih mb nayza :)
terima kasih sebelumnya....
BalasHapusingin liat lanjutannya gan, gmana? Email: Yohannes.mutz@gmail.com
BalasHapusSudah dikirim mas Yohanes. silahkan cek di emailnya
Hapustrims sudah mampir :)