SELAMAT DATANG SOBAT !!!! Terimakasih telah berkunjung ke ABADIORKES

7.31.2012

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERING HEAD TOGETHER (NHT) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V-a SD


Nama Penulis: Anju Sinaga

NPM: 071211920624


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang Masalah
Pembelajaran merupakan suatu aktivitas yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan dengan yang lainnya. Jika pembelajaran melibatkan lebih dari satu  model pembelajaran mungkin akan menghasilkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

            Usaha-usaha guru dalam membelajarkan siswa merupakan bagian yang sangat penting dalam mencapai keberhsilan tujuan pembelajaran yang sudah dirancang. Oleh karena itu pemilihan model, strategi, pendekatan, serta teknik pembelajaran merupakan suatu hal yang utama. Pencapaian mutu pendidikan yang tinggi tidak hanya ditentukan oleh siswa, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor guru dan pendukung lainnya. Komponen guru dan siswa merupakan unsur yang utama yang menentukan tinggi rendahnya hasil pembelajaran pada pendidikan.
            Dalam mewujudkan hasil pembelajaran yang efektif dan efisien, peranan guru sangat penting, karena guru memegang tugas dalam mengatur di dalam kelas. Suasana kelas yang hidup dapat membuat siswa belajar tekun dan penuh semangat, sebaliknya suasana kelas yang suram, menegangkan serta aktivitas yang monoton menjadikan siswa kurang bersemangat dalam belajar.
            Guru merupakan perancangan sekaligus sebagai pelaksana proses pembelajaran, dengan mempertimbangkan tuntutan kurikulum, kondisi siswa dan yang paling utama adalah pemilihan model pembelajaran. Karena model pembelajaran adalah pedoman berupa program atau petunjuk strategi mengajar yang dirancang untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran.
            Pedoman ini memuat tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Salah satu dari tujuan penggunaan model pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa selama belajar. Diharapkan terjadi perubahan dari mengingat (memorizing) atau menghapal (rote learning) kearah berpikir (thinking) dan pemahaman (Understandung), dari model ceramah ke pendekatan discovery learning atau inqury learning atau dari belajar individual ke kooperatif.
            Model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran, karena dengan model tersebut guru dapat menciptakan kondisi belajar yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Pemakaian model pembelajaran harus dilandaskan pada pertimbangan untuk menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang tidak hanya menerima siswa pasif saat belajar di dalam kelas. Namun guru harus menempatkan siswa sebagai insan yang alami memiliki pengalaman, keinginan dan pikiran yang dapat dimanfaatkan untuk belajar, baik secara individu maupun secara kelompok. Oleh karena itu seyogianya setiap guru mampu memilih strategi dan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik mempunyai keyakinan bahwa dirinya adalah orang yang mampu belajar.
            Dari pendapat di atas seharusnya seorang guru dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran, strategi, serta pendekatan dalam belajar agar dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Karena dengan menggunakan berbagai model pembelajaran akan dapat memberikan motivasi yang besar terhadap hasil belajar siswa. Tapi pada kenyataannya dilapangan ada guru yang ditemui yang tidak dapat memiliki model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Serta kurangnya guru dalam memberikan motivasi berupa bimbingan pada saat jam pelajaran berlangsung, sehingga siswa kurang termotivasi dan kurang minat untuk belajar dengan baik dirumah dan di sekolah.
            Akibat dari rendahnya pemberian motivasi belajar dan pemilihan model pembelajaran yang tidak tepat, siswa akan merasa bosan dan malas ketika belajar di kelas dan dirumah serta banyak siswa gagal dan frustasi dalam belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar, rasa percaya diri dan minat siswa untuk mau belajar. Dalam hal kegagalan ini kurang diperhatikan oleh guru dan tidak mampu menanggulangi masalah-masalah tersebut. Seperti dengan melakukan suatu perubahan-perubahan dalam belajar serta memberikan dorongan semangat belajar, memulihkan kepercayaan diri siswa, baik yang timbul karena kesadaran dari dalam dirinya ataupun karena adanya motivasi dari orang lain.
            Masih banyak lagi hal-hal yang perlu dilakukan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Seperti perubahan model dan strategi mengajar. Dimana selama ini guru hanya terfokus pada satu model saja seperti model ceramah. Model ini yang banyak digunakan oleh guru setiap kali mengajar di dalam kelas.
            Guru mengajar di depan kelas dan siswa hanya duduk dan diam mendengarkan penjelasan dari guru. Tapi guru tidak dapat mengetahui apakah siswa yang mendengarkan penjelasannya tersebut paham dan mengerti apa yang disampaikannya. Dari penjelasan tersebut timbul pertanyaan apakah guru hanya tahu menggunakan satu model saja setiap kali mengajar?
            Jika seorang guru tidak dapat memilih strategi mengajar yang tepat mungkin guru akan merasa kesulitan dalam menghadapi siswa didalam kelas. Sebab strategi dalam mengajar adalah tindakan nyata dari guru untuk memakai pembelajaran melalui cara tertentu, yang dinilai lebih efektif clan efisien untuk menghasilkan tujuan pembelajaran yang maksimal. Muhibbyn Syah, (2003: 20). berpendapat bahwa “strategi pengajaran adalah keseluruhan metode dan prosedur yang menitik beratkan pada kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan tertentu”. Dengan kata lain strategi mengajar adalah politik atau taktik yang digunakan guru dalam melaksanakan pengajaran di kelas. Tetapi masih banyak juga guru yang belum tepat dalam pemilihan model, strategi  dan model pembelajaran yang tepat.
            Salah satu perubahan yang perlu, dilakukan adalah belajar individual menjadi kooperatif yang bergantung pada kelompok-kelompok kecil dalam belajar. Meskipun isi dan petunjuk yang diberikan pengajar mencirikan bagian dari pengajaran, namun pembelajaran kooperatif secara berhati-hati menggabungkan kelompok-kelompok kecil,sehingga anggotanya dapat bekerja sama untuk memaksimalkan pembelejaran masing-masing anggota kelompok sendiri dari  empat siswa atau lebih yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda
            Slavin (dalam trimanjuniarso.wordpress.com8) berpendapat Pembelajaran kooperatif mengacu pada metode pengajaran dimana siswa bekerjasama dalam kelompok kecil saling membantu dalam belajar. Kebanyakan melibatkan siswa dalam kelompok yang terdiri dari empat siswa yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.
            Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang menekankan kepada keaktifan siswa yang berbentuk kelompok. Kelompok belajar kooperatif sendiri didasarkan atas saling ketegantungan positif yang menuntut adanya akintabilitas individual yang mengukur penguasaan materi pelajaran tiap anggota kelompok, dan kelompok diberikan hasil tentang prestasi belajar anggota-anggotanya, sehingga mereka mengetahui temannya yang memerlukan bantuan. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang mengutamakan ada banyak kelompok-kelompok kecil dalam pembelajaran, serta menuntut siswa agar bekerja lama dan berinteraksi sesama anggota kelompok dalam memahami materi, memberikan pendapatan pada jawaban terhadap tugas dalam kelompok.
            Menempatkan model pembelajaran kooperatif ini harus sesuai dengan kaidah-kaidah atau tahap-tahap pelaksanaan. Model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Semakin sering guru menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran, cenderung semakin tinggi motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa akan semakin baik.
            Ciri khas pembelajaran kooperatif yaitu siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok dan tinggal dalam satu kelompok untuk beberapa minggu atau beberapa bulan. Sebelum siswa tersebut diberi penjelasan atau diberi pelatihan, tentang bagaimana dapat bekerja sama. Aktifitas pembelajaran kooperatif dapat digunakan tiga tujuan yang berbeda yaitu Dalam pembelajaran teretentu siswa menjadi kelompok yang berupaya untuk menemukan sesuatu, kemudian setelah pembelajaran habis siswa dapat bekerjasama untuk memastikan bahwa seluruh anggota kelompok telah menguasai segala sesuatu yang telah dipelajari untuk persiapan kuis,bekerjasama dalamsuatu format belajar kelompok.
            Menurut Trianto,(2009:82) ditemukan bahwa “Model pembelajaran Kooperatif tipe NHT di rancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional” spenser kagan (1993) pembelajaran kooperatif tipe NHT melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tecakup, dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tesebut.
            Dari hasil wawancara dan observasi di Sekolah Dasar Negari 101769 Tembung,dapat melihat rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa/KKM dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rendahnya aktifitas dan partisipasi siswa dalam kegiatan belum mencapai KKM pembelajaran dan kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Hal ini dilihat dari banyaknya siswa yang bermain-main saat guru mengajar di dalam kelas atau ketika guru berada di luar kelas. Banyaknya siswa tidak mengerjakan tugas dirumah mereka lebih senang dihukum dari pada mengerjakan tugas. Banyaknya siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah disekolah, dengan cara melihat hasil pekerjaan rumah temannya (menyontek). Berdasarkan data yang diperoleh dari sekolah bahwa siswa 70% untuk mata pelajaran IPS rendah. Siswa yang mendapat nilai <65 berjumlah 21 orang (70%) dengan kriteria belum tuntas atau belum berhasil. Siswa yang mendapat nilai >65 berjumlah 9 orang (30%) dengan kriteria tuntas atau berhasil.Dari data tersebut maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa masih rendah pada mata pelajaran IPS.
            Berdasarkan latar belakang di atas penulis mencoba melakukan penelitian tindakan kelas dengan mengimplementasikan model hubungan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam kegiatan belajar mengajar pada pelajaran IPS dengan pokok bahasan kenampakan alam dan buatan di indonesia.
            Diharapkan melalui pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, rasa percaya diri siswa sehingga meningkatnya hasil belajar siswa. Karena pada model pembelajaran ini siswa mempunyai keaktifan belajar yang tinggi baik secara individual maupun secara kelompok.
            Adapun judul penelitian tindakan kelas ini adalah “Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa  pada mata pelajaran IPS Kelas Va Sekolah Dasar Negeri. 101769 Tembung”.   

1.2.  Identifikasi Masalah
Dan hasil pengamatan dilokasi penelitian penulis mengidentifikasi masalah yang ada antara lain:
1.      Rendanhya hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS yang rata rata hanya 60, hal ini dapat dilihat dari ulangan umum akhir semester. Nilai rata-rata tersebut masih jauh dibawah KKM yang ditetapkan yaitu 65
2.      Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang tepat sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah.
3.      Rendahnya kemauan dan minat siswa dalam belajar
4.      Sebahagian siswa kurang berani dalam menjawab pertanyaan guru.
5.      Guru kurang memberi motivasi kepada siswa

1.3. Pembatasan masalah
Dalam suatu penelitian tanpa ketidakjelasan pembatasan masalah yang akan diteliti menyebabkan penelitian tidak terarah. Agar penelitian ini mencapai sasaran penulis membatasi masalah yang hendak diteliti yaitu : “Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada materi pokok Kenampakan Alam dan Buatan Kelas V SDN 101769 Tembung,  Tahun Ajaran 2010/2011.

1.4.  Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan yang telah diurakan diatas pada latar belakang masalah maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
“Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbering Head Together (NHT) ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada  materi Pokok  Kenampakan Alam dan Buatan di kelas V SDN 101769, Tahun Ajaran 2010 / 2011?”

1.5. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  siswa  dengan menggunakan model pembelajaran koperatif NHT pada materi pokok Kenampakan Alam dan Buatan kelas V SDN 101769 Tembung  Tahun Ajaran 2010/2011.

1.6.  Manfaat Hasil Penelitia
Adapun manfaat yang diharapkan sebagai berikut:
a. . Bagi siswa                 :    Meningkatkan cara berfikir siswa tersebut supaya lebih kritis, tanggap kepada lingkungan atau diri sendiri, aktif dalam kegiatan sehari-hari untuk meningkatkan hasil belajar secara individu.

b.    Bagi Guru                 :    Meningkatkan kemampuan kepropesionalan guru dlam pembelajaran yang dilakukan dikelas, mempunyai strategi yang tepat dikelas tersebut serta percaya diri dalam pemberian motivasi yang tepat serta memberikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang terarah.
c.    Bagi Sekolah            :    Meningkatkan Mutu pelajaran IPS di kelas VI TP 2010/2011 dan juga sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kelulusan di sekolah.
d.         Bagi peneliti      :  Sbagai bahan masukan untuk menjadi calon pendidik dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.



Bagi yang ingin mengetahui Bab-bab selanjutnya dari skripsi ini, silahkan tinggalkan komentar.

88 komentar:

  1. bs d buatkan daftar pustaka na ???????????? q pengen tao sumber informasi na biar bs nyare buku na sekalian ,,, tolong d email-in k alamat ne dodotarduta@ymail.com,, d tunggu ea !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim...
      silahkan cek e-mailnya
      trims sudah mampir:)

      Hapus
    2. tolong kirimin bab selanjutnya ya mengenai sekripsi tentang metode NHT ke email ini : lanang.anak8@gmail.com

      Hapus
  2. AKU SANGAT PERLU REFERENSI BUAT SKRIPSI AKU MOHON IZIN YO

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. ass.. mau dong bab berikutnya sama daftar pustakanya. sangat menginspirasi, bisa ya dikirim ke email ini, assyifa.perina@gmail.com
    makasi sebelumnya :)

    BalasHapus
  5. tolong dong bab selanjutnya dan referensinya...
    terimakasih
    adijauhari34@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim ke email saudara
      trims sudah mampir

      Hapus
  6. akusangat butuh pedoman dalam skripsi ku mohon izin

    BalasHapus
  7. ass...pa mohon kirimkan ke email saya bab selanjutnya beserta daftar pustakanya buat bahan referensi saya.ni email : mahfudin.zeint@yahoo.com
    mksh pa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim...
      terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  8. pengen dong, buat bahan referensinya
    lezz_dha@yahoo.co.id

    BalasHapus
  9. tolong dong bang, bab selanjutnya dan referensinya...
    trezhold@gmail.com
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim, silahkan cek e-mailnya
      tx sudah mampir:)

      Hapus
  10. hilal_ansyari@yahoo.co.idNovember 12, 2012 2:42 PM

    bab selanjutnya dong???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim, silahkan di cek e-mailnya
      trims..:)

      Hapus
  11. aku ingin nambah wawasan kirim ke email aku donk?
    yadi_diview@ymail.com

    BalasHapus
  12. bab selanjutx duuuunnkkk
    anthi.pgsd@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim...
      kalau sudah masuk, dikonfirmasi ya...biar saya tau bahwa datanya telah sampai..

      trims

      Hapus
  13. wah bagus nich mas buat bahan referensi..kirim dong tadiramin@yahoo.co.id

    BalasHapus
  14. waw bagus, cukup membantu dalam penyusunan penelitian

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas rama....
      trims sudah sudih mampir
      :)

      Hapus
  15. mas boleh minta dikirim juga nggak? buat referensi metodologi pendidikan ni mas :)
    kalau berkenan tlng ya mas, emailnya tettychemistry@gmail.com
    terimakasi sebelumya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim mb tetty..
      bisa dicek di e-mailnya
      tx sudah mampir
      :)

      Hapus
  16. mau juga dong mas .. sekalian bab berikutnya boleh? :)
    febrila_purindani@yahooo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim mb....
      silahkan di cek e-mailnya
      terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
    2. zahara_66388@yahoo.co.id mw jg pak..

      Hapus
  17. Assalamualaikum mas.. boleh saya minta file lengkapnya, sya sedang mempelajari materi ini. thanks..
    email : lijansardika@gmail.com

    BalasHapus
  18. pak boleh minta referensinya juga sama daftar pustakanya, saya sedang mencari referensi tentang model pembelajaran kooperatif nht untuk skripsi.
    email saya : hastinbaik@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  19. bagus banget pak...saya minat pak untuk refernsi skripsi saya...email--> aseptino88@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah di kirim ke e-mailnya..
      trims sudah mampir:)

      Hapus
  20. wow bagus sekali, aku mau bab selanjtnya dong pak termasuk daftar pustaka, email ku adityagilang92@ymail.com terima kasih sebelumnya dan tetep semangat memajukan pendidikan indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim mas naskah lengkapnya...
      trims sudah mampir ya..:)

      Hapus
  21. mas, minta tolong dong, kirimkan daftar pustakanya ke: tonisetiawan060711@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim mas ke e-mailnya
      silahkan di cek..:)

      Hapus
  22. pak, boleh dunk buat referensi saya. carin.pril@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  23. halo mas...boleh saya minta file lengkapnya, saya sedang mempelajari tentang topik ini.
    makasih sebelumnya
    email : ajuliaje@yahoo.co.id

    BalasHapus
  24. saya juga mau tolong kirim diemailku rijalhusbar@ymail.com

    BalasHapus
  25. email: rijalhusbar@ymail.com

    BalasHapus
  26. ada yang tau ga buku tentang model pembelajaran koperatif tipe NHT..kalau ada yg tau tolong share yaaa daftar pustakanya....thk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa cari buku miftahul huda atau slavin yang berjudul cooperative learning..
      tx sudah mampri:)

      Hapus
  27. BAB selanjutnya sampai daftar pustaka ya,. klo ada model kooperatif tipe stad tolong dikirim
    husaini.xxx@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim mas...
      silahkan di cek di email
      :)

      Hapus
  28. tolong donk kirim bab 1 ampek bab 3 dan referensi kalau boleh kirim ke email saya faizinmoch37@yahoo.com,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim
      jangan lupa follow blog ini ya:0
      trims sudah mampir...

      Hapus
  29. saya butuh referensi boleh kirim ke ochichitea@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim naskah lengkapnya mb...
      jangan lupa follow blog ini ya..
      trims sudah mampir :)

      Hapus
  30. email : pyanz.scooter78@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim naskah skripsi lengkap
      silahkan follow blog ini
      trims sudah mampir y :)

      Hapus
  31. tolong kirim daftar pustakax n lanjutan BABnya ya??mohon sekali..terima kasih sebelumnya Spirit lion
    email : listianto86@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim mas anto....
      silahkan di cek...
      jangan lupa follow blog ini ya...:)

      trims sudah sudih mampir

      Hapus
  32. aku butuh lanjutan bab-nya & referensinya.. tolong dikirim ya!!!
    email: etakarina96@yahoo.co.id
    aku tunggu...makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dikirim mb....
      Mhon agar follow blog ni y...
      Trims:)

      Hapus
  33. tlong saya butuh tinjauan pustaka dan bab selnjutnya..bisa dikirim ke email eni_4611ng@yahoo.com

    BalasHapus
  34. melsaznuralaziz@ymail.com
    sayabutuh untuk penerapan mata pel penjas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyallh semua materi dari mata pelajaran ada mas..
      namun terlebih dahulu follow blog ini mas...:)

      Hapus
  35. saya butuh lengkap mbak,,,,,tolong kirimkan ke email iffahfikriyah@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya silahkan follow blog ini mas/mb...
      trims :)

      Hapus
  36. ass. mau dong bab selanjutnya, buat referensi skipsi saya, terimakasi :)
    email saya : fraditiaazwir@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim dan silahkan dicek mb...
      jangan lupa follow blog ini y....
      trims sudah mampir:)

      Hapus
  37. tolong BAB II dengan BAB 3 nya donk, cz aku butuh banget ne...
    trima kasih sebelumnya....

    BalasHapus
  38. tolong daftar pustaka nya donk, kirim ke email q mayapgsd23021992@gmail.com , terimakasih . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sebelumnya...fan page-nya jg sdh sy like..mohon info bab selanjutnya..makasih...

      Hapus
  39. bang minta tolong krirmin juga bab selanjutnya ya.. franspatadunganans@gmail.com

    BalasHapus
  40. Mantap gan..... maaf krim ke email saya oke gan..
    azra.allayna@gmail.com

    BalasHapus
  41. tolong kirimin dong k ratih105060166sd@gmail.com buat referensi nih makasih

    BalasHapus
  42. selamat malam admin...kalau tidak keberatan mohon kirimkan bab selanjutnya...lagi butuh referensi..(jon14besie@gmail.com)..makasih

    BalasHapus
  43. selamat malam mas...saya lagi butuh referensi...tolong kirim ke email saya...suwun(ikawulan45@gmail.com)

    BalasHapus
  44. selamat siang pak saya butuh daftar pustaka tolong d kirim andiipu74@gmail.com

    sebelumnya makasihh..

    BalasHapus
  45. saya ingin lihat bab bab selanjutnya hingga akhir untuk refrensi skripsi saya, terimakasih sebelumnya.
    alpera_fransiska24@uahoo.com

    BalasHapus

Jika ingin diskusi atau komunikasi lanjut, silahkan tinggalkan alamat e-mail teman.