Nama Penulis: Anju Sinaga
NPM: 071211920624
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Masalah
Pembelajaran merupakan
suatu aktivitas yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling
berkaitan dengan yang lainnya. Jika pembelajaran melibatkan lebih dari satu model pembelajaran mungkin akan menghasilkan
kualitas pendidikan yang lebih baik.
Usaha-usaha
guru dalam membelajarkan siswa merupakan bagian yang sangat penting dalam
mencapai keberhsilan tujuan pembelajaran yang sudah dirancang. Oleh karena itu
pemilihan model, strategi, pendekatan, serta teknik pembelajaran merupakan
suatu hal yang utama. Pencapaian mutu pendidikan yang tinggi tidak hanya
ditentukan oleh siswa, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor guru dan pendukung
lainnya. Komponen guru dan siswa merupakan unsur yang utama yang menentukan
tinggi rendahnya hasil pembelajaran pada pendidikan.
Dalam
mewujudkan hasil pembelajaran yang efektif dan efisien, peranan guru sangat
penting, karena guru memegang tugas dalam mengatur di dalam kelas. Suasana
kelas yang hidup dapat membuat siswa belajar tekun dan penuh semangat,
sebaliknya suasana kelas yang suram, menegangkan serta aktivitas yang monoton
menjadikan siswa kurang bersemangat dalam belajar.
Pedoman
ini memuat tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan
pembelajaran. Salah satu dari tujuan penggunaan model pembelajaran adalah untuk
meningkatkan kemampuan siswa selama belajar. Diharapkan terjadi perubahan dari
mengingat (memorizing) atau menghapal
(rote learning) kearah berpikir (thinking) dan pemahaman (Understandung), dari model ceramah ke
pendekatan discovery learning atau inqury learning atau dari belajar individual
ke kooperatif.
Model
pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang penting dalam
meningkatkan mutu pembelajaran, karena dengan model tersebut guru dapat
menciptakan kondisi belajar yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.
Pemakaian model pembelajaran harus dilandaskan pada pertimbangan untuk
menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang tidak hanya menerima siswa pasif
saat belajar di dalam kelas. Namun guru harus menempatkan siswa sebagai insan
yang alami memiliki pengalaman, keinginan dan pikiran yang dapat dimanfaatkan
untuk belajar, baik secara individu maupun secara kelompok. Oleh karena itu
seyogianya setiap guru mampu memilih strategi dan model pembelajaran yang dapat
membuat peserta didik mempunyai keyakinan bahwa dirinya adalah orang yang mampu
belajar.
Dari
pendapat di atas seharusnya seorang guru dapat menggunakan berbagai macam model
pembelajaran, strategi, serta pendekatan dalam belajar agar dapat membantu
siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Karena dengan menggunakan berbagai
model pembelajaran akan dapat memberikan motivasi yang besar terhadap hasil
belajar siswa. Tapi pada kenyataannya dilapangan ada guru yang ditemui yang
tidak dapat memiliki model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan
hasil belajar siswa. Serta kurangnya guru dalam memberikan motivasi berupa
bimbingan pada saat jam pelajaran berlangsung, sehingga siswa kurang
termotivasi dan kurang minat untuk belajar dengan baik dirumah dan di sekolah.
Akibat
dari rendahnya pemberian motivasi belajar dan pemilihan model pembelajaran yang
tidak tepat, siswa akan merasa bosan dan malas ketika belajar di kelas dan
dirumah serta banyak siswa gagal dan frustasi dalam belajar sehingga
mempengaruhi hasil belajar, rasa percaya diri dan minat siswa untuk mau
belajar. Dalam hal kegagalan ini kurang diperhatikan oleh guru dan tidak mampu
menanggulangi masalah-masalah tersebut. Seperti dengan melakukan suatu
perubahan-perubahan dalam belajar serta memberikan dorongan semangat belajar, memulihkan
kepercayaan diri siswa, baik yang timbul karena kesadaran dari dalam dirinya
ataupun karena adanya motivasi dari orang lain.
Masih
banyak lagi hal-hal yang perlu dilakukan untuk dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Seperti perubahan model dan strategi mengajar. Dimana selama ini guru
hanya terfokus pada satu model saja seperti model ceramah. Model ini yang
banyak digunakan oleh guru setiap kali mengajar di dalam kelas.
Guru
mengajar di depan kelas dan siswa hanya duduk dan diam mendengarkan penjelasan
dari guru. Tapi guru tidak dapat mengetahui apakah siswa yang mendengarkan
penjelasannya tersebut paham dan mengerti apa yang disampaikannya. Dari
penjelasan tersebut timbul pertanyaan apakah guru hanya tahu menggunakan satu
model saja setiap kali mengajar?
Jika
seorang guru tidak dapat memilih strategi mengajar yang tepat mungkin guru akan
merasa kesulitan dalam menghadapi siswa didalam kelas. Sebab strategi dalam
mengajar adalah tindakan nyata dari guru untuk memakai pembelajaran melalui
cara tertentu, yang dinilai lebih efektif clan efisien untuk menghasilkan
tujuan pembelajaran yang maksimal. Muhibbyn Syah, (2003: 20). berpendapat bahwa
“strategi pengajaran adalah keseluruhan metode dan prosedur yang menitik
beratkan pada kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar untuk mencapai
tujuan tertentu”. Dengan kata lain strategi mengajar adalah politik atau taktik
yang digunakan guru dalam melaksanakan pengajaran di kelas. Tetapi masih banyak
juga guru yang belum tepat dalam pemilihan model, strategi dan model pembelajaran yang tepat.
Salah
satu perubahan yang perlu, dilakukan adalah belajar individual menjadi
kooperatif yang bergantung pada kelompok-kelompok kecil dalam belajar. Meskipun
isi dan petunjuk yang diberikan pengajar mencirikan bagian dari pengajaran,
namun pembelajaran kooperatif secara berhati-hati menggabungkan
kelompok-kelompok kecil,sehingga anggotanya dapat bekerja sama untuk
memaksimalkan pembelejaran masing-masing anggota kelompok sendiri dari empat siswa atau lebih yang mempunyai
kemampuan yang berbeda-beda
Slavin
(dalam trimanjuniarso.wordpress.com8) berpendapat Pembelajaran kooperatif
mengacu pada metode pengajaran dimana siswa bekerjasama dalam kelompok kecil
saling membantu dalam belajar. Kebanyakan melibatkan siswa dalam kelompok yang
terdiri dari empat siswa yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.
Model
pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang menekankan kepada
keaktifan siswa yang berbentuk kelompok. Kelompok belajar kooperatif sendiri
didasarkan atas saling ketegantungan positif yang menuntut adanya akintabilitas
individual yang mengukur penguasaan materi pelajaran tiap anggota kelompok, dan
kelompok diberikan hasil tentang prestasi belajar anggota-anggotanya, sehingga
mereka mengetahui temannya yang memerlukan bantuan. Pembelajaran kooperatif
adalah pembelajaran yang mengutamakan ada banyak kelompok-kelompok kecil dalam
pembelajaran, serta menuntut siswa agar bekerja lama dan berinteraksi sesama
anggota kelompok dalam memahami materi, memberikan pendapatan pada jawaban
terhadap tugas dalam kelompok.
Menempatkan
model pembelajaran kooperatif ini harus sesuai dengan kaidah-kaidah atau
tahap-tahap pelaksanaan. Model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Semakin sering guru menggunakan model pembelajaran kooperatif
dalam pembelajaran, cenderung semakin tinggi motivasi belajar siswa dan hasil
belajar siswa akan semakin baik.
Ciri
khas pembelajaran kooperatif yaitu siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok
dan tinggal dalam satu kelompok untuk beberapa minggu atau beberapa bulan.
Sebelum siswa tersebut diberi penjelasan atau diberi pelatihan, tentang
bagaimana dapat bekerja sama. Aktifitas pembelajaran kooperatif dapat digunakan
tiga tujuan yang berbeda yaitu Dalam pembelajaran teretentu siswa menjadi
kelompok yang berupaya untuk menemukan sesuatu, kemudian setelah pembelajaran
habis siswa dapat bekerjasama untuk memastikan bahwa seluruh anggota kelompok
telah menguasai segala sesuatu yang telah dipelajari untuk persiapan kuis,bekerjasama
dalamsuatu format belajar kelompok.
Menurut
Trianto,(2009:82) ditemukan bahwa “Model pembelajaran Kooperatif tipe NHT di
rancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap
struktur kelas tradisional” spenser kagan
(1993) pembelajaran kooperatif tipe NHT melibatkan lebih banyak siswa dalam
menelaah materi yang tecakup, dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman
mereka terhadap isi pelajaran tesebut.
Dari
hasil wawancara dan observasi di Sekolah Dasar Negari 101769 Tembung,dapat
melihat rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa/KKM dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS). Rendahnya aktifitas dan partisipasi siswa dalam
kegiatan belum mencapai KKM pembelajaran dan kurang tepatnya model pembelajaran
yang digunakan oleh guru. Hal ini dilihat dari banyaknya siswa yang
bermain-main saat guru mengajar di dalam kelas atau ketika guru berada di luar
kelas. Banyaknya siswa tidak mengerjakan tugas dirumah mereka lebih senang
dihukum dari pada mengerjakan tugas. Banyaknya siswa yang mengerjakan pekerjaan
rumah disekolah, dengan cara melihat hasil pekerjaan rumah temannya
(menyontek). Berdasarkan data yang diperoleh dari sekolah bahwa siswa 70% untuk
mata pelajaran IPS rendah. Siswa yang mendapat nilai <65 berjumlah 21 orang
(70%) dengan kriteria belum tuntas atau belum berhasil. Siswa yang mendapat
nilai >65 berjumlah 9 orang (30%) dengan kriteria tuntas atau berhasil.Dari
data tersebut maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa masih rendah pada
mata pelajaran IPS.
Berdasarkan
latar belakang di atas penulis mencoba melakukan penelitian tindakan kelas
dengan mengimplementasikan model hubungan pembelajaran kooperatif tipe NHT
dalam kegiatan belajar mengajar pada pelajaran IPS dengan pokok bahasan
kenampakan alam dan buatan di indonesia.
Diharapkan
melalui pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, rasa
percaya diri siswa sehingga meningkatnya hasil belajar siswa. Karena pada model
pembelajaran ini siswa mempunyai keaktifan belajar yang tinggi baik secara
individual maupun secara kelompok.
Adapun
judul penelitian tindakan kelas ini adalah “Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran
IPS Kelas Va Sekolah Dasar Negeri. 101769 Tembung”.
1.2. Identifikasi
Masalah
Dan hasil pengamatan dilokasi penelitian
penulis mengidentifikasi masalah yang ada antara lain:
1.
Rendanhya hasil belajar siswa dalam
pelajaran IPS yang rata rata hanya 60,
hal ini dapat dilihat dari ulangan umum akhir semester. Nilai rata-rata
tersebut masih jauh dibawah KKM yang ditetapkan yaitu 65
2.
Model pembelajaran yang diterapkan oleh
guru kurang tepat sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah.
3.
Rendahnya kemauan dan minat siswa dalam
belajar
4.
Sebahagian siswa kurang berani dalam
menjawab pertanyaan guru.
5.
Guru kurang memberi motivasi kepada
siswa
1.3. Pembatasan masalah
Dalam suatu penelitian tanpa ketidakjelasan pembatasan masalah yang akan diteliti menyebabkan penelitian tidak
terarah. Agar penelitian ini mencapai
sasaran penulis membatasi masalah yang hendak diteliti yaitu : “Penerapan
Model pembelajaran kooperatif tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada materi pokok Kenampakan Alam dan Buatan Kelas V SDN 101769
Tembung, Tahun Ajaran 2010/2011.
1.4. Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan yang telah
diurakan diatas pada latar belakang masalah maka dapat dirumuskan masalah
sebagai berikut:
“Apakah Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbering Head Together (NHT) ini dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pokok Kenampakan Alam dan Buatan di kelas V SDN 101769, Tahun Ajaran 2010 / 2011?”
1.5. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran koperatif
NHT
pada materi pokok Kenampakan Alam dan Buatan kelas V SDN 101769 Tembung Tahun
Ajaran 2010/2011.
1.6. Manfaat Hasil
Penelitia
Adapun manfaat yang diharapkan sebagai berikut:
a. . Bagi siswa : Meningkatkan cara berfikir siswa tersebut
supaya lebih kritis, tanggap kepada lingkungan atau diri sendiri, aktif dalam
kegiatan sehari-hari untuk meningkatkan hasil belajar secara individu.
b. Bagi Guru : Meningkatkan kemampuan kepropesionalan guru dlam pembelajaran
yang dilakukan dikelas, mempunyai strategi yang tepat dikelas tersebut serta
percaya diri dalam pemberian motivasi yang tepat serta memberikan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT yang terarah.
c. Bagi Sekolah : Meningkatkan
Mutu pelajaran IPS di kelas VI TP 2010/2011 dan juga sebagai bahan masukan dan
pertimbangan bagi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kelulusan di sekolah.
d. Bagi
peneliti : Sbagai
bahan masukan untuk menjadi calon pendidik dalam upaya meningkatkan hasil
belajar siswa.Bagi yang ingin mengetahui Bab-bab selanjutnya dari skripsi ini, silahkan tinggalkan komentar.
bs d buatkan daftar pustaka na ???????????? q pengen tao sumber informasi na biar bs nyare buku na sekalian ,,, tolong d email-in k alamat ne dodotarduta@ymail.com,, d tunggu ea !!!!
BalasHapussudah dikirim...
Hapussilahkan cek e-mailnya
trims sudah mampir:)
tolong kirimin bab selanjutnya ya mengenai sekripsi tentang metode NHT ke email ini : lanang.anak8@gmail.com
HapusAKU SANGAT PERLU REFERENSI BUAT SKRIPSI AKU MOHON IZIN YO
BalasHapussilahkan tinggalkan e-mail:)
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusass.. mau dong bab berikutnya sama daftar pustakanya. sangat menginspirasi, bisa ya dikirim ke email ini, assyifa.perina@gmail.com
BalasHapusmakasi sebelumnya :)
sudah dikirim...
Hapustx sudah mampir..:)
tolong dong bab selanjutnya dan referensinya...
BalasHapusterimakasih
adijauhari34@yahoo.com
sudah dikirim ke email saudara
Hapustrims sudah mampir
akusangat butuh pedoman dalam skripsi ku mohon izin
BalasHapusiya mas...
Hapussilahkan tinggalkan e-mailnya...
bagi dong mas
BalasHapussilahkan lampirkan e-mailnya :)
Hapusass...pa mohon kirimkan ke email saya bab selanjutnya beserta daftar pustakanya buat bahan referensi saya.ni email : mahfudin.zeint@yahoo.com
BalasHapusmksh pa..
sudah dikirim...
Hapusterima kasih sudah mampir :)
nice blog gan
BalasHapusmaskhur.com
langsung ke TKP..:)
Hapuspengen dong, buat bahan referensinya
BalasHapuslezz_dha@yahoo.co.id
sudah dikirim...terima kasih sudah mampir:)
Hapustolong dong bang, bab selanjutnya dan referensinya...
BalasHapustrezhold@gmail.com
makasih sebelumnya
sudah dikirim, silahkan cek e-mailnya
Hapustx sudah mampir:)
bab selanjutnya dong???
BalasHapussudah dikirim, silahkan di cek e-mailnya
Hapustrims..:)
aku ingin nambah wawasan kirim ke email aku donk?
BalasHapusyadi_diview@ymail.com
sudah dikirim
Hapustx sudah mampir
:)
bab selanjutx duuuunnkkk
BalasHapusanthi.pgsd@yahoo.com
sudah dikirim...
Hapuskalau sudah masuk, dikonfirmasi ya...biar saya tau bahwa datanya telah sampai..
trims
wah bagus nich mas buat bahan referensi..kirim dong tadiramin@yahoo.co.id
BalasHapussudah dikirim mas tadir...
Hapussilahkan dicek
:)
waw bagus, cukup membantu dalam penyusunan penelitian
BalasHapusterima kasih mas rama....
Hapustrims sudah sudih mampir
:)
mas boleh minta dikirim juga nggak? buat referensi metodologi pendidikan ni mas :)
BalasHapuskalau berkenan tlng ya mas, emailnya tettychemistry@gmail.com
terimakasi sebelumya mas :)
sudah dikirim mb tetty..
Hapusbisa dicek di e-mailnya
tx sudah mampir
:)
mau juga dong mas .. sekalian bab berikutnya boleh? :)
BalasHapusfebrila_purindani@yahooo.com
sudah dikirim mb....
Hapussilahkan di cek e-mailnya
terima kasih sudah mampir :)
zahara_66388@yahoo.co.id mw jg pak..
HapusAssalamualaikum mas.. boleh saya minta file lengkapnya, sya sedang mempelajari materi ini. thanks..
BalasHapusemail : lijansardika@gmail.com
sudah dikirim...:)
Hapustrims sudah mampir
pak boleh minta referensinya juga sama daftar pustakanya, saya sedang mencari referensi tentang model pembelajaran kooperatif nht untuk skripsi.
BalasHapusemail saya : hastinbaik@gmail.com
terima kasih
boleh...dan sudah dikirim..:)
Hapustrims..:)
bagus banget pak...saya minat pak untuk refernsi skripsi saya...email--> aseptino88@gmail.com
BalasHapussudah di kirim ke e-mailnya..
Hapustrims sudah mampir:)
wow bagus sekali, aku mau bab selanjtnya dong pak termasuk daftar pustaka, email ku adityagilang92@ymail.com terima kasih sebelumnya dan tetep semangat memajukan pendidikan indonesia :)
BalasHapussudah dikirim mas naskah lengkapnya...
Hapustrims sudah mampir ya..:)
mas, minta tolong dong, kirimkan daftar pustakanya ke: tonisetiawan060711@gmail.com
BalasHapussudah dikirim mas ke e-mailnya
Hapussilahkan di cek..:)
pak, boleh dunk buat referensi saya. carin.pril@gmail.com
BalasHapusTerima kasih
sudah dikirim mb...
Hapustrims..:)
halo mas...boleh saya minta file lengkapnya, saya sedang mempelajari tentang topik ini.
BalasHapusmakasih sebelumnya
email : ajuliaje@yahoo.co.id
sudah dikirim mb...
Hapustx :)
saya juga mau tolong kirim diemailku rijalhusbar@ymail.com
BalasHapusemail: rijalhusbar@ymail.com
BalasHapussudah dikirim silahkan di cek di e-mail:)
Hapusada yang tau ga buku tentang model pembelajaran koperatif tipe NHT..kalau ada yg tau tolong share yaaa daftar pustakanya....thk
BalasHapusbisa cari buku miftahul huda atau slavin yang berjudul cooperative learning..
Hapustx sudah mampri:)
BAB selanjutnya sampai daftar pustaka ya,. klo ada model kooperatif tipe stad tolong dikirim
BalasHapushusaini.xxx@gmail.com
sudah dikirim mas...
Hapussilahkan di cek di email
:)
tolong donk kirim bab 1 ampek bab 3 dan referensi kalau boleh kirim ke email saya faizinmoch37@yahoo.com,
BalasHapussudah dikirim
Hapusjangan lupa follow blog ini ya:0
trims sudah mampir...
saya butuh referensi boleh kirim ke ochichitea@gmail.com
BalasHapussudah dikirim naskah lengkapnya mb...
Hapusjangan lupa follow blog ini ya..
trims sudah mampir :)
email : pyanz.scooter78@gmail.com
BalasHapussudah dikirim naskah skripsi lengkap
Hapussilahkan follow blog ini
trims sudah mampir y :)
tolong kirim daftar pustakax n lanjutan BABnya ya??mohon sekali..terima kasih sebelumnya Spirit lion
BalasHapusemail : listianto86@gmail.com
sudah dikirim mas anto....
Hapussilahkan di cek...
jangan lupa follow blog ini ya...:)
trims sudah sudih mampir
aku butuh lanjutan bab-nya & referensinya.. tolong dikirim ya!!!
BalasHapusemail: etakarina96@yahoo.co.id
aku tunggu...makasih sebelumnya :)
Sudah dikirim mb....
HapusMhon agar follow blog ni y...
Trims:)
tlong saya butuh tinjauan pustaka dan bab selnjutnya..bisa dikirim ke email eni_4611ng@yahoo.com
BalasHapusSilahkan cek emailnya.....:)
Hapusmelsaznuralaziz@ymail.com
BalasHapussayabutuh untuk penerapan mata pel penjas
Insyallh semua materi dari mata pelajaran ada mas..
Hapusnamun terlebih dahulu follow blog ini mas...:)
saya butuh lengkap mbak,,,,,tolong kirimkan ke email iffahfikriyah@ymail.com
BalasHapussebelumnya silahkan follow blog ini mas/mb...
Hapustrims :)
ass. mau dong bab selanjutnya, buat referensi skipsi saya, terimakasi :)
BalasHapusemail saya : fraditiaazwir@yahoo.co.id
sudah dikirim dan silahkan dicek mb...
Hapusjangan lupa follow blog ini y....
trims sudah mampir:)
tolong BAB II dengan BAB 3 nya donk, cz aku butuh banget ne...
BalasHapustrima kasih sebelumnya....
tolong daftar pustaka nya donk, kirim ke email q mayapgsd23021992@gmail.com , terimakasih . . .
BalasHapusmakasih sebelumnya...fan page-nya jg sdh sy like..mohon info bab selanjutnya..makasih...
Hapusbang minta tolong krirmin juga bab selanjutnya ya.. franspatadunganans@gmail.com
BalasHapusasliyani_unm10@yahoo.co.id
BalasHapusmakasih sebelumnya yah
BalasHapusMantap gan..... maaf krim ke email saya oke gan..
BalasHapusazra.allayna@gmail.com
tolong kirimin dong k ratih105060166sd@gmail.com buat referensi nih makasih
BalasHapusselamat malam admin...kalau tidak keberatan mohon kirimkan bab selanjutnya...lagi butuh referensi..(jon14besie@gmail.com)..makasih
BalasHapusselamat malam mas...saya lagi butuh referensi...tolong kirim ke email saya...suwun(ikawulan45@gmail.com)
BalasHapusselamat siang pak saya butuh daftar pustaka tolong d kirim andiipu74@gmail.com
BalasHapussebelumnya makasihh..
saya ingin lihat bab bab selanjutnya hingga akhir untuk refrensi skripsi saya, terimakasih sebelumnya.
BalasHapusalpera_fransiska24@uahoo.com