SELAMAT DATANG SOBAT !!!! Terimakasih telah berkunjung ke ABADIORKES

7.31.2012

MENINGKATKAN RETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENERAPKAN METODE SOSIODRAMA KELAS V SEMESTER II SD -------- TAHUN AJARAN 2010-2011

Nama: Arfiyana Hasibuan
NPM: 071211920692

BAB 1
PEDAHULUAN

1.1             Latar belakang masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sekarang ini membawa perubahan gaya hidup manusia baik dalam bidang sosial,sains, dan teknologi,budaya kepercyaan, informasi maupun pendidikan. Hal ini merupakan tantangan dan kesempatan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia agar dapat bersaing dalam dunia. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia adalah dengan  meningkatkan mutu pendidikan.
Cara yang dapat ditempuh dalam meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik tergantung pada proses belajar mengajar khususnya pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Salah satu factor pendukungnya adalah dengan menerapkan metode sosiodrama. IPS adalah salah satu bidang studi yang wajib dipelajari dari tingkat SD, SLTP,SMA bahkan diperguruan tinggi.
            Jean piaget (dalam  Sagala, 2003:1)
mengemukakan bahwa pendidikan sebagai  penghubung dua sisi, disatu sisi individu yang sedang tumbuh dan disisi lain nilai sosial, intelektual, dan moral yang menjadi tanggung jawab pendidik untuk mendorong individu tersebut. Dengan demikian pandangan tersebut memberi makna bahwa pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan ini dapat diterapkan mulai dari pendidikan  Sekolah Dasar.
            Berdasarkan hasil pengamatan penulis terhadap pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 115528 Asrama Kompi janji Rantauprapat terungkap kemungkinan  bahwa retensi siswa rendah terlihat dari nilai-nilai yang diperoleh sekitar 25% siswa yang tuntas belajar dan 75% siswa yang tidak tuntas belajar. Selain itu, pembelajaran yang berlangsung tidak menggunakan/menerapkan teori pembelajaran. Biasanya pembelajaran yang berlangsung selama ini cukup menyampaikan materi dan siswanya mampu menjawab soal tanpa diketahui bagaiman cara siswa tersebut mendapat jawaban tersebut. Keberhasilan pembelajaran IPS selama ini di Sekolah Dasar 115528 Asrama kompi janji hanya diukur dengan berdasarkan penguasaan konsep kognitf. Kenyataan inilah yang menyebabkan  konsep yang diajarkan tidak dapat lekat dalam ingatan siswa.
            Kemampuan seseorang untuk menggunakan kembali hasil belajar tersebut Retensi. Rendahnya Retensi atau daya ingat siswa terhadap pembelajaran IPS dikelas yang sudah terlewati tentu berdampak terhadap penguasaan yang lebih luas dalam pembelajaran IPS yang akan datang. Seperti halnya yang dialami di kelas V saat ini. Hal ini terlihat dari nilai-nilai harian tugas dan selama prose pembelajaran IPS yang sudah terlaksana masih rendah.
            Mengatasi masalah tersebut, perlu dilaksanakan desain pembelajaran, sosiodrama (rolle playing) dan penelitian tindakan kelas. Sosiodrama (Role Playing) adalah  metode mengajar yang dalam pelaksanaannya peserta didik mendapat tugas dari guru untuk mendramatisasikan suatu situasi sosial yang mengandung suatu problem, agar peserta didik dapat memecahkan suatu masalah yang muncul dari suatu sosial.
            Retensi merupakan salah satu bagian dari kesulitan belajar. Tentunya sosiodrama yang diterapkan perlu dianalisis tingkatannya yang lebih baik untuk menggali dan menguatkan ingatan pada saat pembelajaran IPS yang sedang berjalan. Hasil penelitian Susanti Romarnanti Sinurat (2010), “menunjukan bahwa retensi siswa hasil pembelajaran dengan metode sosiodrama lebih baik dari pembelajaran biasa.
            Berdasarkan kondisi dilapangan dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa sekolah dasar yang belum memahami materi pembelajaran IPS. Kenyataan inilah yang menjadi dasar bagi penulis ingin menelusuri lebih lanjut bagaimana retensi siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 115528 Asrama kompi janji RantauPrapat, maka penelitian ini diberi judul PENINGKATAN RETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENERAPKAN METODE SOSIODRAMA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 115528 ASRAMA KOMPI JANJI RANTAU PRAPAT TAHUN AJARAN 2010-2011.

1.2       Identifikasi masalah
            Sesuai latar belakang masalah maka dapat diidentifikasi masalah dalam penelitian yaitu sebagai berikut:
a.       Rendahnya retensi balajar IPS terlihat dari kemampuan siswa mengingat materi pembelajaran yang sudah dipelajari.
b.      Malas mengulang kembali mengajar.
c.       Kurangnya kreatifitas siswa selama proses pembelajaran
d.      Ruangan kelas yang kurang kondusif
e.       Pembelajaran yang berlangsung hanya sekedar menyampaikan materi dan mampu menjawab soal
f.       Kurangnya penerapan metode sosiodrama terhadap pembelajaran IPS
g.      Nilai diperoleh siswa rendah

 1.3      Batasan Masalah
            Berdasarkan identifikasi masalah yang sudah dikemukakan diatas maka yang menjadi batasan masalah pada penelitian ini adalah meningkatkan retensi siswa dalam metode sosiodrama pada sub pokok bahasan perjuangan bangsa Indonesia melawan  penjajahan kelas V SD 115528 Asrama Kompi Janji Rantau Prapat

1.4       Rumusan Masalah
            Berdasarkan batasan masalah yang dikemukakan diatas maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan metode sosiodrama dalam pemebelajaran IPS dapat meningkatkan retensi siswa?

1.5       Tujuan Penelitian
            Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk meningkatkan retensi siswa dengan menerapkan metode sosiodrama pada sub pokok bahasan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan kelas V SD Negeri 115528 Asrama Kompi Janji Rantau Prapat.

1.6       Manfaat hasil Penelitian
1.      Bagi siswa, sebagai bahan acuan untuk meningkatkan retensi siswa dalam pembelajaran dengan penerapan sosiodrama
2.      Bagi guru, sebagai masukan bagi guru dalam meningkatkan retensi siswa selama pembelajaran
3.      Bagi sekolah, sebagai sumbangan pemikiran guna memperbaiki pembelajaran khususnya pembelajaran IPS
Bagi peneliti, sebagai pengembangan ilmu pengetahuan baru dan pengalaman bagi peneliti



Buat teman-teman yang ingin mengetahui Bab-bab Selanjutnya silahkan isi kolom komentar..:)

18 komentar:

  1. aq tertarik ama penelitian tentang retensi

    BalasHapus
  2. terima kasih telah mengujungi site ini...
    tentang penjelasan retesi, saya akan kirim ke e-mail kamu...
    :)

    BalasHapus
  3. kami menerima jasa pembuatan website dari berbagai kebutuhan website Anda seperti: website sekolah,website hotel,website universitas,website investasi,website HYIP,website HYIP monitor,website support MLM,website pulsa,website toko online,website iklan baris,website personal,web perusahaan,website reseller,website affiliasi,dan lain-lain kebutuhan website anda. Harga dijamin murah.

    BalasHapus
  4. bab IV dan bab V mana ni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan tinggalkan e-mailnya,ntar langsung dikonfirmasi:)

      Hapus
    2. mas... mau juga bab selanjutnya :( buat dijadikan rujukan :o

      Hapus
  5. bab selanjutnya mana gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahlan tinggalkan e-mail gan...:)

      Hapus
    2. ni gan emailnya izecson_denta11@gmail.com
      tolong dikirim ya gan.. makasih :)

      Hapus
    3. maap salah gan e-mailnya, ni yg bener izecson.denta11@gmail.com
      makasih gan :)

      Hapus
  6. Bagus nich,boleh dongtahu Bab -bab selanjutnya.thanks

    BalasHapus
  7. ini sangat bermanfaat dan bagus buat dipelajari, apalagi pembahasannya sangat menarik dan bagus.

    BalasHapus
  8. Saya butuh referensi ttg retensi belajar, apakah masih bisa mengirimkan bab selanjutnya ke email saya min?

    BalasHapus
  9. saya butuh referensi tentang retensi min. kalo boleh, tolong kirimkan bab selanjutnya ke email saya prety.engestiana@gmail.com
    terimakasih.

    BalasHapus
  10. Minta tolong untuk kajian pustaka ttg retensinya, utk rujukan
    rickyabbas14@yahoo.com
    Terima kasih bnyak sebelumnya

    BalasHapus
  11. saya lagi butuh referensi tentang retensi nih min. kalo boleh, tolong kirimkan bab selanjutnya ke email saya khairanieva22@gmail.com

    BalasHapus
  12. saya lagi butuh referensi tentang retensi nih min. kalo boleh, tolong kirimkan bab selanjutnya ke email saya khairanieva22@gmail.com

    BalasHapus

Jika ingin diskusi atau komunikasi lanjut, silahkan tinggalkan alamat e-mail teman.