SELAMAT DATANG SOBAT !!!! Terimakasih telah berkunjung ke ABADIORKES

5.21.2013

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VI SD ---------TAHUN AJARAN 2010/2011


Oleh:
Naelfi Tri Astuti
NIM: 071211920062


BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang Masalah
Guru merupakan kunci sekaligus ujung tombak dalam mencapai misi pembaharuan pendidikan yang berkualitas . Guru berada pada titik sentral untuk mengatur , mengarahkan dan menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang berkualitas. Artinya seorang guru bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan kelasnya, bagaimana seorang guru mengelola kelasnya sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa yang tinggi dan dapat mengembangkan kemampuan siswa dengan optimal . Dalam hal ini guru di tuntut untuk lebih profesional, inovatif, dan proaktif dalam melaksanakan tugas pembelajaran.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada jenjang pendidikan dasar memfokuskan kajiannya kepada hubungan antar manusia dan proses membantu pengembangan kemampuan dalam hubungan tersebut. Pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dikembangkan melalui kajian ini ditunjukan untuk mencapai keserasian dan keselarasan dalam kehidupan masyarakat.

Banyak penyebab yang melatarbelakangi pendidikan IPS belum dapat memberikan hasil seperti yang diharapkan. Faktor penyebabnya dapat berpangkal dari kurikulum,rancangan,pelaksana ,ataupun faktor pendukung pembelajaran.
1
 
 

Berdasarkan hasil observasi dan  wawancara peneliti dengan salah seorang guru kelas VI SD Negeri 060843 Medan Barat mengatakan bahwa pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah dapat dilihat dari data nilai ujian semester I yang dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2010 dari 44  siswa terdapat 18 siswa (41%) sudah tuntas mendapat nilai > 65 sedangkan  26 orang siswa (59%)  belum tuntas mendapat nilai < 65 .
 Hal ini disebabkan karena  pelajaran IPS kurang diminati oleh siswa karena pelaksanaan pembelajaran bersifat konvensional dan metode yang digunakan guru satu arah dalam belajar IPS  sehingga siswa bosan menghafalkan konsep-konsep  pembelajaran IPS .
Selama ini guru melaksanakan proses belajar mengajar dengan menekankan pada siswa untuk menghafal pelajaran dengan mengorbankan Critical Thinking . Dimana dalam proses belajar mengajar siswa kurang aktif, kurang memperhatikan penjelasan guru dan cenderung lebih banyak bermain dalam pembelajaran tersebut sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada ulangan semester  belum mencapai tujuan yang diharapkan .
               Salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan perbaikan proses pembelajaran IPS adalah model pembelajaran Mind Mapping . Mind Map adalah cara mencatat yang kreatif, efektif dan secara harfiah yang berbentuk peta pikiran dilengkapi dengan gambar serta warna dan  berguna untuk meningkatkan daya ingat anak dalam menerima pelajaran serta dapat membantu anak dalam meraih nilai yang bagus.

Berdasarkan uraian diatas ,maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian dengan judul “ Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 060843 Medan Barat Tahun ajaran 2010/2011 ”
1.2     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka diidentifikasi masalah penelitian ini adalah :
1.        Rendahnya hasil belajar IPS .
2.        Kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS
3.        Metode yang digunakan guru satu arah dalam belajar IPS.
4.        Model pembelajaran yang digunakan guru bersifat konvensional dalam pembelajaran IPS sehingga siswa bosan dan jenuh.
5.        Kurang aktif siswa dalam belajar IPS
1.3     Batasan Masalah
Untuk memberikan ruang lingkup yang jelas pada pembahasan maka penelitian ini dibatasi Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping ( peta pikiran) dapat meningkatkan  hasil belajar siswa  pada materi Globalisasi  di kelas VI SD Negeri 060843 Medan Barat.
1.4         Rumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan  Model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada materi Globalisasi di kelas VI SD Negeri 060843 Medan Barat ?”
1.5         Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah : “Untuk meningkatkan  hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping pada materi Globalisasi di kelas VI SD Negeri 060843 Medan Barat.”
1.6          Manfaat Penelitian
Manfaat hasil Penelitian ini adalah :
1.    Bagi Siswa        :Penerapan model pembelajaran Mind Mapping diharapkan  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
2.    Bagi Guru       :Salah satu alternatif untuk melakukan penerapan model  pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS .
3.    Bagi Sekolah  :Sebagai informasi dan  pemikiran dalam rangka  perbaikan  pengajaran pada Sekolah tempat dilaksanakannya   penelitian pada khususnya dan pada umumnya Sekolah.        
Bagi Peneliti    :Untuk menambah wawasan peneliti tentang model pembelajaran Mind Mapping dan dapat menanggulanginya dalam penelitian selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ingin diskusi atau komunikasi lanjut, silahkan tinggalkan alamat e-mail teman.