Oleh
:
HAMIDATUN
JARIA SIREGAR
NIM
071211920289
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Pendidikan
adalah salah satu hal yang sangat penting untuk membekali siswa menghadapi masa
depan. Untuk itu proses pembelajaran yang bermakna sangat menentukan
terwujudnya pendidikan yang berkualitas. Siswa perlu mendapat bimbingan,
dorongan, dan peluang yang memadai untuk belajar dan mempelajari hal – hal yang
akan diperlukan dalam kehihidupannya. Tuntutan masyarakat yang semakin besar
terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, membuat
pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan melalui pola tradisional,
demikian halnya dengan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial ( IPS ).
Pembelajaran IPS di sekolah dasar
sangat penting artinya dalam mempersiapkan sumber daya manusia dengan kemampuan
ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang tinggi semenjak dini. Hal yang menjadi
hambatan selama ini dalam pembelajaran IPS adalah disebabkan kurang
profesionalismenya guru dalam menyampaikan pelajaran, mereka jarang menggunakan
media dan sumber belajar, sehingga kurang menarik minat anak, dan pada gilirannya
prestasi belajar kurang memuaskan. Singkatnya pembelajaran IPS selama ini
kurang aplikatif pada kejadian sehari – hari yang ada dilingkungan sekitarnya.
Berdasarkan pengamatan peneliti pada
waktu observasi awal, kenyataan di lapangan khususnya pada pembelajaran IPS di
SD Negeri 104208 Cinta Rakyat, menunjukkan guru kurang optimal dalam
memanfaatkan maupun memberdayakan sumber pembelajaran, karena pembelajaran IPS
di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat cenderung masih berpusat pada guru ( teacher centered ), text book centered dan
mono media. Guru masih mendominasi proses pembelajaran sedang siswa masih
nampak pasif. Selama proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode
ceramah dalam setiap penyampaian materi pelajaran IPS, karena menurut guru metode
ceramah merupakan metode yang paling mudah dilaksanakan. Hal ini menyebabkan
banyak siswa SD Negeri 104208 Cinta Rakyat menganggap proses pembelajaran IPS
ini adalah sesuatu yang membosankan, monoton, kurang menyenangkan, terlalu
banyak hafalan,kurang varatif dan berbagai keluhan lainnya. Berdasarkan pada
Suplemen Buku Induk Siswa yang berisi daftar nilai atau prestasi siswa
berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi dapat diperoleh data hasil prestasi
nilai siswa kelas IV SD Negeri 104208Cinta Rakyat semester genap tahun
pelajaran 2010 / 2011 sebanyak 30 orang siswa yang mengikuti ujian semester
hanya 10 orang siswa atau 33,33 % dari seluruh jumlah siswa dalam satu kelas
yang berhasil mendapatkan nilai di atas nilai 6,sedangkan 20 orang siswa atau 66,
67 % dari jumlah seluruh siswa dalam satu kelas mendapatkan nilai di bawah
nilai 6. Dari data hasil nilai siswa tersebut, bahwa pembelajaran IPS tidak
terselenggara dengan baik bila mana para peserta didik tidak di dukung oleh
sumber belajar yang di perlukan untuk penyelenggaraan kegiatan proses belajar
mengajar. Terlebih lagi dalam pembelajaran IPS yang merupakan syntetic science,karena konsep, generalisasi dan temuan – temuan penelitian
ditentukan atau diobservasi setelah fakta terjadi menuntut adanya suatu media
pendidikan dan sumber pembelajaran yang bisa meningkatkan interaksi dan
motivasi belajar siswa.
Sumber pembelajara adalah segala
sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru,baik secara terpisah maupun
dalam bentuk gabungan untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan
meningkatkan efektifitas dan efiinsi tujuan pembelajaran. Sedangkan media
pendidikan adalah alat, metode, dan tekhnik yang digunakan dalam rangka lebih
mengefektifkan komunikasidan interaksi antara guru dan siswa dalam proses
pembelajaran.
Media pendidikan merupakan berbagai
jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.
Media pendidikan juga diartikan sebagai media komunikasi yang dipakai dalam
kegiatan belajar mengajar. Media pendidikan meliputi alat yang secara fisik
digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, yang terdiri antara lain
buku, tape recorder, kaset, video, kamera, video recorder, film, slide, foto,
gambar, grafik, televisi dan komputer.
Sebagai sumber pembelajaran IPS,
media diperlukan untuk membantu guru dalam menumbuhkan pemahaman siswa terhadap
materi IPS. Agar pembelajaran IPS menjadi pembelajaran yang aktif dan
menyenangkan salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan media gambar.
Salah satu sub pokok bahasan
pelajaran IPS di kelas IV SD semester genap adalah “ perkembangan tekhnologi
produksi “ dengan kompetensi dasar yaitu “ mengenal perkembangan tekhnologi
produksi, komunkasi, dan transportasi serta pengalaman peggunaannya. Agar
materi tersebut mudah dipahami dan dapat diingat oleh sisawa, perlu digunakan
media gambar dalam penyampaian materi seperti gambar produksi makanan dan
produksi pakaian.
Tujuan pembelajaran IPS dengan
menggunakan media gambar adalah untuk menarik minat siswa mempelajari IPS,
memberi motivasi belajar dan meningkatkan rasa ingin tahu dalam diri siswa,
meningkatkan pemahaman dalam diri siswa terhadap konsep IPS, membuat
pembelajaran IPS menjadi menarik dan menyenangkan serta untuk meningkatkan
prestasi siswa.
Berdasarkan uraian – uraian di atas,
maka dapat dipahami bahwa penggunaan media gambar mampu menarik minat maupun
memberi motivasi belajar kepada siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa pada pelajaran IPS. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk
mengkaji permasalahan tersebut dengan judul : “ Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS dengan
menggunakan media gambar di kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat”.
1.2
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasikan beberapa permasalahan
yang berhubungan dengan pembelajaran IPS di SD, antara lain :
1.
Rendahnya nilai ujia
semester siswa pada pelajaran IPS sub pokok bahasan perkembangan tekhnologi
produksi.
2.
Pembelajaran IPS di SD
Negeri 104208 Cinta Rakyat cenrerung masih berpusat pada guru (teacher centered) dimana guru masih
mendominasi proses pembelajaran sedang siswa masih nampak pasif
3.
Guru lebih banyak
menggunakan metode ceramah dalam setiap penyampaia materi pelajaran IPS, karena
menurut guru tersebut metode ceramah merupakan metode yang paling mudah
dilaksanakan
4.
Guru jarang menggnakan
media selama pembelajara IPS, sehingga siswa merasa bosan dalam belajar.
1.3
Batasan
Masalah
Adapun
pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah : meningkatkan motivasi belajar
siswa dengan menggunakan media gambar pada pokok bahasan perkembangan
tekhnologi produksi di kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat tahun ajaran 2010
/2011
1.4
Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini. “Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa pada pokok bahasan perkembangan tekhologi produksi di
kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat?
1.5
Tujuan
Penelitian
Apun
tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah:
1. Untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan tekhnologi
produksi di kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat.
2. Untuk
meningkatkan kreatifitas guru dalam menggunakan metode yang bervariasi selama
pembelajaran, yakni dalam pelajaran IPS.
3. Untuk
meningkatkan kreatifitas guru dalam menggunakan media gambar pada pelajaran IPS
pokok bahasan perkembangan teknologi produksi di kelas IV SD Negeri No. 104208
Cinta Rakyat.
1.6
Manfaat
Hasil Penelitian
Adapun
manfaat penelitian ini adalah :
1. Bagi
peneliti, sebagai menambah pengetahuan dengan pemberian penguatan di dalam
kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Bagi
siswa, penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan daya ingat
siswa tentang materi perkembangan tekhnologi produksi.
3. Bagi
guru, meningkatkan keterampilan guru dalam penggunaan media dalam proses
belajar mengajar.
4. Bagi
sekolah sebagai bahan masukan bagi pihak sekolah khususnya Kepala Sekolah dalam
upaya meningkatkan kualitas, mutu sekolah, efektivitas dan efesiensi
pembelajaran dengan menyediakan media pembelajaran.
Bagi yang ingin mengetahui Bab-bab selanjutnya dari skripsi ini, silahkan tinggalkan komentar
tolong kirim lanjutanx sbagai bhan referensi
BalasHapusne alamt emailx,
desty.rancak@yahoo.com
sudah dikirim mb...silahkan di cek e-mailnya..
Hapustrims sudah mampir..:)
tolong kirim lanjutany sebagai bahan referensi
Hapusne alamt emailku,
Berlianintan18@gmail.com
boleh minta copy lanjutannya dong... kirim ke fannyreviansyah@rocketmail.com
BalasHapussudah dikirim mb...silahkan di cek ya...:)
Hapusditunggu kelengkapan Bab babnya ya gan.ke jaytegama@yahoo.co.id
BalasHapus(sebelumnya trims bgt gan)
sudah dikirim..
Hapustx sudah mampir :)
minta kelanjutan bab-bab nya donk!!! untuk bahan referensi... ke alamat feyviana@yahoo.com... trimsss
BalasHapussudah dikirim dan bisa digunakan sebagai referensi...:)
HapusPengen liat klanjutn Pa....ini email sya dhanapgt33@yahoo.com
BalasHapusThanks....
sudah dikirim dan bisa melihat kelanjutan skripsi ini..
Hapustx sudah mampir..:)
udah sy follow mas, boleh dong liat keseluruhannya :) buat perbandingan :)
BalasHapuskirim ke email ya aa,, heheh run_chan@ymail.com
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapustolong kirim kelanjutannya donk, bwat referensi ke ainirrafikahpgsd@gmail.com
BalasHapustolong dong kirim di email ku aku butuh manget.... emailku dokterjiwotmj@yahoo.com makasih
BalasHapustlong kirim lanjutannya dong... butuhh bangatke martinusmunda@yahoo.com mkasihhh
BalasHapusBoleh minta copy lanjutannya sebagai bahan referensi.. kirim ke kyutzlieya@yahoo.co.id
BalasHapusMakasiiih
baggiii.. dong.. gaan... buat bahaaan.... dricksdesigne@gmail.com
BalasHapustolong kirim lanjutan babnya y...basnuaje@gmail.com
BalasHapusthanks....
BalasHapusTerima kasih telah mem-follow blog ABADIORKES dan Me-LIKE fan page ABADIORKES. Naskah lengkap skripsi telah dikirim.
HapusTrims :)
boleh ikutan minta sample kelanjutan nya om, buat bahan referensi siucrit@gmail.com
BalasHapusthanks ome
SILAHKAN FOLLOW BLOG INI DAN LIKE PAGE FB ABADIORKES.
BalasHapusTRIMS :)
Silahkan follow blog ini dan fan page-ya terlebih dahulu. Setelah itu saya akan memberikan naskah lengkapnya. Terima kasih :)
BalasHapusBisa minta lanjutan Πγª mas
BalasHapusKirim k. Missamanetz@yahoo.com
Tq sebelumnya
aku juga donk
BalasHapusmnta lanjutannya
ni emaelku fitriarasyid@rocketmail.com
mau liat lanjutannya donk
BalasHapusbwt referensi
ni email sy fitriarasyid53@yahoo.com
plisssss
tolong kirim lanjutanx sbagai bhan referensi
BalasHapusne alamt emailx,
herlanggabaso@ymail.com