SELAMAT DATANG SOBAT !!!! Terimakasih telah berkunjung ke ABADIORKES

1.07.2012

virus VB Script pengacau....

virus VB Script pengacau...

Pengalaman tentang virus ini, menjadi paranoid dengan memasukkan flesdis ke dalam komputer. Lantaran gak ada flesdis di tambah lagi gak bisa ngenet di kampus, aku pun 'terpaksa'ngenet di warnet. Ntah mengapa aku ngenet di warnet yang sudah menjadi ladang virus - virus. sialan!
awalnya bermula ketika aku browsing data kemudian data tersebut aku masukin ke flesdis seseorang yang disampingku juga lagi ngenet karena aku gak bawa flesdis sehingga harus minjam. Kemudian setelah data dapat, aku masukkan ke dalam flesdis yang aku pinjam. Setelah itu aku ambil laptop yang ada di dalam tas kemudian aku hidupkan. data yang dari flesdis segera aku pindahkan ke laptop. Dan dengan perasaan biasa aja aku matikan laptop dan flesdis aku balikin sembari dengan kata - kata "tx" kepada seseorang yang ngenet disebelah ku tadi. setelah itu akupun pulang dan meninggalkan warnet yang menyimpan segudang virus. aku pun menuju kosan yang tidak jauh dari warnet tersebut. Dengan antengnya aku hidupkan lepiku dan sontak aku kaget karena banyak dataku yang ber-format VB script. sialan! sampai - sampai data tentang organisasi juga kena imbas virus ini. Kemudian data - data yang aku masukin ke dalam lepi yang kuambil dari browsing di warnet tadi juga rusak. Sedikit panik aku pun langsung mematikan komputerku tadi kemudian menarik nafas sembari berpikir. Dan aku mengambil kesimpulan untuk menginstal ulang lepiku...
pengalaman ini semoga tidak terjadi buat kawan - kawan oleh karena itu bagi yang terkena virus ini segera untuk mengantisipasinya dengan antivirus SMADAV atau allice killer.....

berikut tipsnya :
Akhir-akhir ini serangan virus VBScript kembali menggejala. Virus ini dikenal dengan sebutan Virus Yuyun. Kinerja virus ini adalah dengan membuat file berbasis *.doc atau *.docx menjadi Hidden. File yang telah hidden tidak bisa diakses. Logo MS-Word yang sedianya bertulskan W seketika berubah. Pada XP tertampil logo S seperti gambar DNA terpilin.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Saya coba googling dan mendapatkan berbagai macam tips dan trik untuk mengatasi virus tersebut. Bahkan ada salah satu tips yang saya nilai sangat berbahaya untuk kestabilan OS-Windows yang digunakan. Yakni dengan menghapus aplikasi VBScript yang sedang berjalan. Perlu diketahui bahwa tidak semua VBScript berbahaya untuk file MS-Word. Tetapi kasus ini sang virus memang menggunakan VBScript sebagai kambing hitam untuk dijadikan sasaran kesalahan. Jika kita mendelet VBScript maka seluruh aplikasi yang menggunakan VBScript akan terganggu kinerjanya.

Satu tips yang sudah saya coba dan manjur adalah menggunakan SMADAV ---> Scan menggunakan SMADAV.


Sebagaimana pada gambar di atas file Tawakkal yang semula berubah menjadi berekstensi VBE lalu diduplikasi menjadi file semula. Kembali menjadi DOCX dan bisa dibuka dengan baik. SMADAV tidak menghancurkan VBScript namun melemahkan fungsi virus. Sehingga file DOCX yang semula di Hidden kembali sehat seperti semula.

ATAU

download Allice killer

Semoga bermanfaat.

jangan lupa isi kolom komentar ya...

1 komentar:

Jika ingin diskusi atau komunikasi lanjut, silahkan tinggalkan alamat e-mail teman.